Menu Close

Peninggalan Meksiko yang Desainnya Menakjubkan

mexico

RealdelMonte di Meksiko, dengan atap rumah merah miring dan taman yang terawat mengingatkan pada Inggris.

Untuk memahami bagaimana sedikit warisan Inggris bisa ditemukan di Hidalgo, Meksiko, kita seharusnya memperhatikan ke dua abad ke belakang ke masa kejayaan industri pertambangan di Cornwall.

Saat aku menerobos ke dalam kerumunan, Marion Symonds sibuk menekuk satu sisi pastel daging sepanjang 4,5 meter di sentra alun-alun.

Seluruh mata tertuju pada tukang roti asal Cornwall dikala ia mengendalikan adonan pastel yang masih lunak di tangannya, dengan lembut menekuk ujung adonan dengan ujung jarinya untuk menyegel isian pastel yang terdiri dari daging sapi, kentang dan bawang.

Sekiranya memperhatikan atap merah dan kebun yang terawat di sekitar kami, Anda pasti akan menyangka Symonds dan aku berada di suatu daerah di Inggris, asal kami berdua.

Kongkritnya, kami berada di kota kecil Real del Monte di negara komponen Hidalgo, Meksiko tengah.

Di ujung lain camilan besar itu, seorang koki lokal sedang menekuk pastel dengan sistem khas Meksiko, menepuk pastel dengan satu sisi tangan di atas meja.

Untuk memahami kenapa pastel raksasa ala Meksiko-Cornwall diciptakan di sebuah kota yang mirip kota Inggris di Meksiko tengah, kita seharusnya kembali ke dua abad yang lalu ke daerah yang disebut Bridget Galsworthy Estavillo dari Masyarakat Inggris Meksiko sebagai ‘tulang punggung’ dari cerita oini: kedatangan penambang Cornwall di Meksiko.

Pada permulaan abad ke-19, penambang timah asal Cornwall diketahui di semua dunia akan kelengkapan pertambangan mereka yang canggih dan, kesudahannya, keahlian mereka dalam mengoperasikannya.

Dengan demikian, mereka dan mesin canggih mereka dipanggil ke Meksiko oleh Company of Gentleman Adventurers di Pertambangan Real del Monte untuk menolong menambang perak, seperti diberitahukan Galsworthy Estavillo terhadap aku.

Sesudah mendarat di Veracruz di pantai timur Meksiko pada tahun 1825, gelombang pertama penambang Cornwall melaksanakan perjalanan 400km ke barat ke dataran tinggi Meksiko.

Di sana mereka mulai berprofesi mengekstraksi perak, sekalian membangun kelompok sosial Inggris yang erat dan menyambut gelombang baru migran Cornwall yang datang hampir tiap tahun sampai 1840.

Sementara Galsworthy Estavillo mencatat bahwa “gelombang pertama [penambang Cornish tak datang] sebab putus hasrat,” banyak pendatang yang kemudian datang didukung oleh keperluan, sebagai pengaruh lantas dari ditemukannya timah di Bolivia dan Malaysia pada abad ke-19.

Hal ini menyebabkan penutupan banyak tambang timah di Cornwall dan menyebabkan kemerosotan ekonomi yang parah yang membikin para penambang tak mempunyai alternatif lain selain pergi ke kelompok sosial diaspora Cornwall yang telah ada di luar negeri, termasuk Meksiko.

Saat para penambang mendirikan kantong-kantong Cornwall, mereka juga mulai memperkuat warisan mereka di Hidalgo, menyampaikan atap-atap miring yang kental dengan ciri Inggris dan pastel yang mereka cintai.

Melainkan ini bukan satu-satunya yang mengingatkan koneksi antara Real del Monte dan Inggris.

Berdasarkan Galsworthy Estavillo, ‘pujian Real del Monte’ berlokasi di Panteon Ingles, yang diketahui di Inggris sebagai Pemakaman Warga Cornwall, yang berlokasi di puncak bukit yang menghadap ke kota.

Seluruh kuburan selain satu menghadap timur laut ke arah Inggris, dan “cukup unik, cantik, amat meraba,” kata Estavillo terhadap aku.

Satu-satunya makam yang tidak pantas itu milik seorang insinyur tambang kelahiran Yorkshire (bukan badut Inggris Richard Bell, seperti desas-desus warga setempat), dan akar pohon yang aneh malahan merusak makam itu, terang Galsworthy Estavillo.

Pada permulaan abad ke-20, Hidalgo menerima akibat Inggris yang paling banyak dibanding negara komponen Meksiko lain, dan Real del Monte bukan satu-satunya kota yang menyandang akibat mereka.

Sekitar 14 km di barat, di ibu kota Hidalgo Pachuca, bank Bancomer – salah satu dari sebagian gedung yang didanai oleh eks penambang Cornwall yang berakibat Francis Rule – membuktikan enam Union Jacks (bendera Inggris) terpisah di tembok pembatas, alternatif desain yang diprovokasi oleh pejabat kota yang diduga melarang Rule mengibarkan bendera yang sebetulnya di luar gedung.

Melainkan proyek Rule yang paling diakui yakni menara jam Neoklasik yang mencolok di Pachuca, yang rmesinnya diproduksi di pabrik Austria yang sama dengan menara jam Big Ben di London.

Ada satu lagi obsesi kekal yang dapat disyukuri orang Meksiko terhadap penambang Cornwall: sepak bola.

Budaya lokal main sepakbola sekitar pukul 16:00 kemungkinan berasal dari para penambang di akhir abad ke-19. – Resort Wedding Bali

Apresiasi informal permainan ini mengarah pada kelahiran klub sepakbola Pachuca pada pergantian abad ke-20, yang skuad aslinya penuh dengan nama keluarga Cornwall pada umunya seperti Pengelly dan Bennetts.

Pachuca kini diketahui sebagai cuna del ftbol (asal sepak bola) negara dan rumah bagi museum sepak bola Saln de la Fama, yang memetakan warisan olahraga Meksiko.

Melainkan kembali ke Real del Monte dan pastel ala Cornwall raksasa itu, atau seperti yang diksebut di Meksiko: paste.

Para migran Cornwall tak mungkin tak merasakan makanan alternatif mereka di tambang, campuran daging dan sayuran yang dibungkus dalam cangkang pastel yang cukup kuat untuk dibawa bertahan hidup dalam perjalanan menuju terowongan.

Jadi istri mereka mulai membuatnya kembali di Hidalgo, dan kemudian menampakkan terhadap penduduk setempat sistem membikin hidangan itu.

Kenyataannya, pastel ala Cornwall mengendalikan peranan di Meksiko sehingga adat istiadat menyerahkan pastel di tambang untuk makan siang bertahan di Real del Monte pun dikala tambang di kota asal mereka di Cornwall ditutup.

Jadi masuk logika sekiranya tiap tahun, di negara komponen yang yaitu rumah bagi museum pastel pertama di dunia, pembuat paste lokal berderet di trek sebagai komponen dari Festival Internacional del Paste untuk merayakan warisan lezat diaspora Cornwall.