Menu Close

Alat Pemindahan Material untuk Bangunan

alat pemindah

Alat Pemindahan Material
Pekerjaan termasuk dalam kelompok ini yaitu alat yang umumnya tak diaplikasikan sebagai alat transportasi melainkan diaplikasikan untuk memindahkan material dari satu alat ke alat yang lain. Loader dan dozer yaitu alat pemindahan material.

Alat Pemadat
Jikalau pada suatu lahan dikerjakan penimbunan karenanya pada lahan hal yang demikian perlu dikerjakan pemadatan. Pemadatan juga dikerjakan untuk pembuatan jalan, bagus untuk jalan tanah dan jalan dengan perkerasan lentur ataupun perkerasan kaku.

Pekerjaan termasuk sebagai alat pemadat yaitu tamping roller, pneumatic tired roller, compactor, dan lain-lain. Profesi pembuatan landasan pesawat terbang, jalan raya, tanggul sungai dan sebagainya tanah perlu dipadatkan semaksimal mungkin. Profesi pemadatan tanah dalam skala kecil pemadatan tanah bisa dikerjakan dengan sistem menggenangi dan memperbolehkan tanah menyusust dengan sendirinya, tapi sistem ini perlu waktu lama dan akibatnya kurang total; supaya tanah benar-benar mampat secara total dibutuhkan sistem-sistem mekanis untuk pemadatan tanah.

Pemadatan tanah secara mekanis biasanya dikerjakan dengan mengaplikasikan mesin penggilas (Roller); kategori Roller yang diketahui antara lain yaitu:
Menurut sistem geraknya; ada yang bergerak sendiri, tetapi ada juga yang wajib ditarik traktor.
Menurut bahan roda penggilasnya, ada yang terbuat dari baja (Steel Wheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic).

Dipandang dari format permukaan roda; ada yang punya permukaan halus (plain), bersegmen, berbentuk grid, berbentuk kaki domba, dan sebagainya.
Dipandang dari susunan roda gilasnya; ada yang dengan roda tiga (Three Wheel), roda dua (Tandem Roller), dan Three Axle Tandem Roller.

Alat Pemroses Material
Alat ini diterapkan untuk merubah batuan dan mineral alam menjadi suatu format dan ukuran yang diharapkan. Hasil dari alat ini umpamanya yaitu batuan bergradasi, semen, beton, dan aspal. Pekerjaan termasuk didalam alat ini yaitu crusher dan concrete mixer truck. Alat yang bisa mencampur material-material di atas juga diklasifikasikan ke dalam alat pemroses material seperti concrete batch plant dan asphalt mixing plant.

Alat Penempatan Akhir Material
Alat digolongkan pada kelompok ini sebab fungsinya ialah untuk menempatkan material pada daerah yang sudah ditetapkan. Ditempat atau lokasi ini material disebarkan secara merata dan dipadatkan cocok dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan. Pekerjaan termasuk di dalam kelompok ini yaitu concrete spreader, asphalt paver, motor grader, dan alat pemadat, mesin parut kelapa.