Menu Close

Istilah Umum Pada Alat Bangunan

alat teknik

Satmper atau istilah lazim lainnya disebut stamping rammer merupakan alat mesin yang dipergunakan untuk pemadatan tanah. Alat ini ialah alat yang sungguh-sungguh menolong untuk mempercepat pelaksanaan pemadatan tanah timbun ataupun pemadatan tanah autentik kohesif. Disamping sebagai alat untuk pemadatan untuk bangunan gedung alat ini juga acap kali dipergunakan dalam profesi pemadatan jalan , halaman dan juga untuk profesi pemadatan timbunan lainnya.

Alat stamper ketika ini banyak tersedia dalam wujud dan figur layak dengan merek pabrikan. Secara lazim komponen dan metode kerja alat merupakan sama . Alat ini lazimnya meruapakan alat mesin yang mengaplikasikan bahan bakar bensin dalam pengoperasian mesinnya.

Alat mesin ini secara lazim terdiri dari komponen :
Mesin, direncanakan sedemikian rupa oleh pabrikan sebagai sumber daya untuk merubah rotasi roda gigi untuk menerima gerakah vertikal secra timbal balik.

Baca Juga Tentang : Mesin Las

Frame Pelindung dan Pegangan Pengarah. Yakni komponen alat luar yang disusun untuk melindungi komponen mesin dan juga menempatkan pegangan untuk diwujudkan sebagai pengarah gerakan secara horizontal. Umumnya dibuatkan pegangan besi yang dapat diatur oleh mekanik untuk memberi arahan alat layak dengan daerah yang akan di padatkan.

Kaki Hentak. Yakni komponen alat yang direncanakan sedemikain rupa melanjutkan gerakan vertikal timbal balik dari mesin dimana dengan menempatkan pegas yang dipasangkan bergerak turun naik sehingga terjadi tumbukan dengan daya yang besar kepada permukaan yang ditumbuk.

Plat Tumbuk, merupakan komponen alat yang terdapat dibawah kaki hentak yang ialah komponen alat yang berkaitan segera dengan permukaan tanah yang ditumbuk.

Sistem Pengaplikasian Alat Stamper:

Pengecekan Alat
Sebelum pengoperasian mesin, terpenting dulu mesti memeriksa minyak yang ada dalam tanki mesin . Disarankan minyak tak boleh terlalu penuh, sebab dikhawatirkan oleh getaran yang cukup besar minyak akan dapat tertumpah. Komponen komponen mesin seperti mur dan baut mesti diperiksa dimana tak boleh ada yang longgar, kencangkan tiap-tiap mur dan baut untuk menghindari resiko profesi dan juga memberikan pelumasan kepada komponen yang diperlukan.

Menghidupkan Mesin
Buka katup bahan bakar ke posisi terbuka, kemudian atur posisi mesin ON/OFF ke posisi ON. Tarik grip pegangan secara kencang sampai mesin suara dan posisi hidup.. Sesudah posisi mesin telah hidup lakukan pemanasan kaprah kaprah 3- 5 menit pada kecepatan mesin yang dalam keadaan kecepatan rendah. Pada ketika ini dialakukan pengecekan kepada kebocoran gas dengan mengindentifikasi bunyi normal atau tak.

Kecepatan arah horizontal mesti diseimbangkan oleh operator , dimana mesti dihindari pemadatan disatu posisi pada rentang waktu yang cukup lama sebab akan menyebabkan pergeseran arah horizontal akan susah sebab perbedan ketingggian, dimana disarankan alat berjalan secara kontiniu.

 

 

  • Kunjungi Juga : Alat Teknik Lainnya