Menu Close

Lukman Sardi Seimbangkan Penerapan Bahasa Asing Ke Buah Hati

sekolah bahasa asing

International School di Jakarta Selatan – Penerapan lebih banyak bahasa asing dibanding bahasa Indonesia telah menjadi salah satu problem tersendiri di Tanah Air. Apalagi sebagian sekolah memakai keharusan untuk menerapkan bahasa asing dikala sedang berada di sekolah.

Hal ini tentu membikin sebagian ayah dan ibu cukup kuatir sebab kesanggupan bahasa ibu buah hati-buah hati mereka justru menjadi lebih rendah dibanding bahasa asing. Salah satu ayah dan ibu yang menangkap problematika itu merupakan Lukman Sardi.

“Jika yang terjadi kini kan sebab banyak sekolah internasional mereka gunakan basic-nya Inggris, akibatnya gue lihat buah hati-buah hati Indonesia yang bahasa Indonesianya bahkan acak-acakan sebab terbiasa bahasa Inggris di sekolah,”

Fenomena hal yang demikian juga dijumpai lantas oleh Lukman pada keluarganya. Dia memperhatikan buah hati-si kecilnya sungguh-sungguh pintar berbahasa asing sebab telah terbiasa di sekolah.

Oleh sebab itu Lukman memakai sistem tersendiri supaya buah hati-si kecilnya dapat sepadan dalam menerapkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Jika gue sistemnya di sekolah ia bahasa Inggris tetapi di rumah ia ngobrol sama gue seharusnya bahasa Indonesia. Sebab itu bahasa ibu, penting lo tahu bahasa asing tetapi lebih penting lo seharusnya gunakan bahasa ibu lo sebab itu identitas. Salah satu identitas bangsa ya bahasa,” tegasnya.

Tetapi Lukman tidak memakai sanksi seandainya buah hati-si kecilnya menerapkan bahasa asing secara tak sengaja dikala sedang berada di rumah. Bagi pemain film Sang Pencerah ini sanksi justru akan membikin cara pengajaran si kecilnya menjadi rusak.

“Gak ada. Gue gak nerapin kayak gitu. Buah tuh tahu kok jikalau diberi pengertian ia bakal ngerti dibanding lo beri sanksi sebab sanksi itu bakal jadi muatan,” pungkasnya.