Menu Close

Ragam-Ragam Jam di Dunia

Ragam-Ragam Jam di Dunia
Jam merupakan salah satu alat yang amat penting di dalam kehidupan manusia, lebih-lebih untuk menonjolkan pergantian waktu. Coba bayangkan, apa jadinya hidup kita tanpa adanya jam? Wah, telah pasti akan kacau balau jadwal kita. Nah, Prelovers, berdiskusi perihal jam, rupanya banyak sekali variasi jam yang ada di semua dunia lho! Penasaran? Mari segera saja kita simak isu menarik perihal macam jam yang ada di dunia!

Jam Air Yunani
Jam air atau klepsidra merupakan salah satu macam alat ukur waktu yang cukup tua. Ada yang mengatakan bahwa jam air berasal dari Babylon dan Mesir sekitar abad ke-16, tetapi di satu sisi juga ada yang mengatakan bahwa penemuan kreatif permulaan jam hal yang demikian merupakan pada permulaan tahun 4000 SM di kawasan India dan China. Wujud jam ini seperti mangkok yang dikasih cairan yang bisa masuk dan keluar via cara jam hal yang demikian. ( Baca juga : souvenir jam dinding )

Jam Pasir
Jam pasir merupakan merupakan perangkat ukur waktu yang memakai dua tabung gelas, sebuah tabung sempit, dan pasir. Jam ini bisa mengevaluasi waktu dengan cara per satu jam dengan memakai salah satu tabung yang lazimnya diisi dengan pasir, dan kemudian mengalir via tabung sempit ke tabung dibawahnya dengan laju yang teratur. Dikala pasir sudah mengisi penuh tabung bawah, alat ini dapat di balik sehingga bisa diaplikasikan kembali.

Sayangnya, masih belum ada isu yang pasti perihal kawasan atau penduduk pertama yang memakai jam pasir ini.

Jam Surya
Jam tertua dalam peradaban manusia ini telah diketahui semenjak tahun 3500 SM dan diwujudkan oleh Ibnu Al-Shatir yang ialah pakar Astronomi Muslim. Karakter unik dari jam ini berlokasi pada bentang waktunya. Pada musim dingin, bentang waktunya akan lebih pendek, padahal pada musim panas bentang waktunya akan lebih panjang. Unik ya, Prelovers!

Jam Komputerisasi
Di era modern ini, kita bisa menemukan macam jam komputerisasi yang memperlihatkan waktu dengan cara elektrik. Tentunya, jam ini tergolong alat yang canggih dan efisien. Kebanyakan jam komputerisasi dipegang dengan wujud 24 jam, tetapi di Amerika dan sebagian negara lain jam komputerisasi memakai wujud 12 jam dengan indikasi pembeda ‘AM’ atau ‘PM’.

Jam Dinding
Jam dinding merupakan salah satu kelengkapan penting yang sepatutnya ada dalam tiap-tiap rumah sebab bermanfaat untuk menonjolkan pergantian waktu. Di era modern ini, jam dinding dapat mempunyai fungsi ganda, adalah bukan cuma sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai aksesoris ruangan. Jadi, dikala kita sedang mendesain rumah, kita dapat menyesuaikan bahan, macam, dan contoh jam supaya kelihatan serasi dengan ruangan kita. Dengan semacam itu, kita dapat membikin tampilan ruangan kita kelihatan lebih indah.

Jam tangan
Sama halnya dengan jam dinding, jam tangan atau arloji juga mempunyai fungsi ganda, adalah sebagai penunjuk jam dan sebagai perhiasan. ini disebabkan sebab contoh jam tangan yang bervariasi dan senantiasa menyesuaikan isu terkini dari masa ke masa. hal yang demikian tentunya dapat menjadi elemen utama kenapa arloji banyak digemari masyarakat di tiap-tiap kalangan. ( Artikel terkait : Souvenir mug murah )

Nah, itulah sekilas isu perihal jam yang rupanya mempunyai beraneka keunikan diawali dari bahan, sifat, dan fungsinya. Dengan membaca isu di atas, semoga pengetahuan Prelovers perihal macam-macam jam jadi kian luas ya!