Menu Close

Jam pada Zaman Dahulu Part.1

Pada zaman dulu (sebelum masehi) orang-orang kerap memandang letak sang surya dan bayang-bayangnya untuk memastikan waktu. Mereka mengaplikasikan sang surya sebagai jam. Dan terbukti jam sang surya sudah diterapkan untuk penghitung waktu sekitar 5.000 tahun yang lalu lho!

Jam sang surya lazimnya dilengkapi dengan Gnomon, adalah semacam besi yang diletakkan di tengah jam. Ketika sang surya bercahaya, bayang-bayang dari gnomon akan meraba angka yang ada di sekelilingnya. Jikalau bayang-bayangnya meraba angka III, karenanya ketika itu merupakan pukul 3.

Baca juga : Jam Spinnaker

Sebagai penemuan kreatif pertama, jam sang surya ini memiliki kelemahan, ialah cuma bisa menampilkan waktu seandainya sang surya bercahaya saja.
Itu juga ketika ketika malam hari, orang-orang zaman dahulu (bangsa kuno) memandang gerakan bintang, planet dan bulan untuk menolong mereka memastikan atau menghitung waktu.

Kemudian menurut catatan sejarah juga dikenal, kecuali mengaplikasikan benda-benda langit, orang-orang dulu kala, mengaplikasikan jam air, jam pasir, jam lilin dan jam pendulum untuk memastikan waktu. Mungkin rekan-rekan pernah memandang jam-jam ini seandainya berkunjung ke museum purbakala atau menonton film-film klasik. Keren, antik dan penuh cerita menonjol dan kesannya.

Jam Air dijadikan oleh orang Mesir Kuno pada tahun 1.360 sebelum masehi. Jam air merupakan wadah berlubang yang diisi air. Di dalam wadah itu ada pedoman yang dihasilkan ukuran waktu. Air yang ada di dalam wadah akan berkurang secara pelan sehingga tingkat perubahan ketinggian air sekalian menampilkan waktu.

Jam Pasir merupakan pasir yang dimasukkan ke dalam wadah kaca berbentuk angka delapan ini akan memastikan waktu tertentu dan akan diawali ketika pasir di tabung komponen atas habis dan memenuhi tabung komponen bawah.

Jam Lilin. Serupa dengan air yang mengalir, lamanya lilin yang menyala sampai alhasil meleleh diterapkan bangsa kuno untuk memastikan sebuah durasi waktu. Jikalau mengharapkan alarm, sebuah paku ditancapkan pada jarak waktu yang diharapkan di lilin. Dan saat lilin meleleh ke spot itu, paku akan jatuh dan berdentang di atas dudukan logam.

Lalu Jam Pendulum, ialah jam yang mengaplikasikan pendulum berayun. Pendulum hal yang demikian ialah faktor akurasi waktu. Profit jam pendulum sebagai penentu waktu merupakan perangkat resonan adalah ayunan bolak-balik dalam waktu yang ideal. Jam pendulum pertama kali dijadikan oleh Galileo (bapak astronomi). Tetapi, jam ini disempurnakan oleh Pak Christiann Huygens dari Belanda pada tahun 1657. Jam pendulum yang telah disempurnakan itu menjadi jam paling cermat di masanya.

Jam premium murah disini : Jam Premium