Menu Close

Jam pada Zaman Dahulu Part.2

Lanjutan

Waktu pun beranjak memasuki zaman (abad) pertengahan. Pada zaman ini, Jam Mekanis pun ditemukan di daratan Eropa. Jam ini dilengkapi bel untuk menunjuk waktu tertentu. Jam ini khususnya digunakan oleh para pendeta di gereja dan kuil untuk mengetahui kapan waktunya berdoa saat itu.
Waktu bahkan beranjak menjelang zaman (abad) pertengahan. Pada zaman ini, Jam Mekanis bahkan ditemukan di daratan Eropa. Jam ini dilengkapi bel untuk menunjuk waktu tertentu. Jam ini secara khusus diterapkan oleh para pendeta di gereja dan kuil untuk mengenal kapan waktunya berdoa ketika itu.

Wah! Rupanya dari masa ke masa jam terus berubah ya! Apakah kakek atau nenekmu punya salah satu jam kuno di atas? Jika punya, pasti menjadi sesuatu yang menarik dan antik ketika ini.

Baca yang terkait tentang jam disini > Jam Undone

Seiring bumi berputar, waktu bahkan beranjak menjelang Zaman Now. Kini kita memiliki jam dinding dan jam tangan yang bisa memperlihatkan terhadap kita tak cuma hari dan jam, melainkan juga menit, detik dan seperseratus detik.

Di Zaman Now bahkan kita memiliki Jam Atomik yang keakuratannya satu detik dalam ratusan ribu tahun. Jam ini demikian itu jitu sebab skala waktunya berasal dari getaran atom atau molekul. Jam atomik ini diterapkan di the Bureu International de I’ Heure, Paris sebagai dasar memastikan waktu. Tidak heran, International Atomic Time (IAT) yaitu skala waktu yang telah disepakati secara internasional.

Caesium yaitu logam putih keperakan yang betul-betul reaktif dan memiliki sifat jasmani dan kimia yang mirim natrium.
Jam Caesium menurut pada frekuensi dari garis spektrum yang telah dipilih dari spektrum hiperline caesium dan diterapkan untuk mengalibrasi jam standar.

Lalu jam yang paling populer sampai Tahun 2018 yaitu Jam Mekanik, Jam Elektrik, Jam Kuarsa serta Jam Tangan bagus analog ataupun komputerisasi. Jam-jam ini yaitu jam listrik dengan pegas dan energi baterai.

Menurut rujukan sejarah dikenal, jam tangan yang praktis dan diaplikasikan banyak orang ketika ini ditemukan oleh seorang tukang kunci asal Jerman pada tahun 1510.
Jam komputerisasi pertama kali dijadikan di Amerika pada tahun 1971. Di dalam jam komputerisasi ada mikrochip yang bertugas mencatat waktu yang berlalu dan membatasi layar.

Jam Kuarsa dikontrol oleh kristal kuarsa yang bergetar dengan frekuensi konstan di bawah akibat medan listrik bolak-balik yang dikontrol pada frekuensi resonansi dari kristal. Jam ini lebih ideal dari pada jam pendulum dan diterapkan dalam bidang astronomi dan bidang profesi lain yang memerlukan ketelitian dan keakuratan.

Semoga di masa depan, akan kita dapatkan lagi yang jam-jam berteknologi canggih yang kian mempermudah manusia dalam memastikan waktu dan dalam bermacam-macam bidang profesi atau kegiatan.

Wah, nggak kebayang yaa, seandainya hingga ketika ini kita masih menerapkan jam sang surya, jam air, lilin atau jam pasir yang antik dan menarik itu.
Wah! Ternyata dari masa ke masa jam terus berubah ya! Apakah kakek atau nenekmu punya salah satu jam kuno di atas? Kalau punya, pasti menjadi sesuatu yang menarik dan antik saat ini.

Seiring bumi berputar, waktu pun beranjak memasuki Zaman Now. Sekarang kita mempunyai jam dinding dan jam tangan yang dapat menunjukkan kepada kita tidak hanya hari dan jam, tetapi juga menit, detik dan seperseratus detik.

Di Zaman Now pun kita mempunyai Jam Atomik yang keakuratannya satu detik dalam ratusan ribu tahun. Jam ini begitu akurat karena skala waktunya berasal dari getaran atom atau molekul. Jam atomik ini digunakan di the Bureu International de I’ Heure, Paris sebagai dasar menentukan waktu. Tak heran, International Atomic Time (IAT) adalah skala waktu yang sudah disepakati secara internasional.

Caesium adalah logam putih keperakan yang sangat reaktif dan mempunyai sifat fisik dan kimia yang mirim natrium.
Jam Caesium berdasarkan pada frekuensi dari garis spektrum yang sudah dipilih dari spektrum hiperline caesium dan digunakan untuk mengalibrasi jam standar.

Lalu jam yang paling populer hingga Tahun 2018 adalah Jam Mekanik, Jam Elektrik, Jam Kuarsa serta Jam Tangan baik analog maupun digital. Jam-jam ini adalah jam listrik dengan pegas dan tenaga baterai.

Berdasarkan referensi sejarah diketahui, jam tangan yang praktis dan dipakai banyak orang saat ini ditemukan oleh seorang tukang kunci asal Jerman pada tahun 1510.
Jam digital pertama kali dibuat di Amerika pada tahun 1971. Di dalam jam digital ada mikrochip yang bertugas mencatat waktu yang berlalu dan mengendalikan layar.

Jam Kuarsa diatur oleh kristal kuarsa yang bergetar dengan frekuensi konstan di bawah pengaruh medan listrik bolak-balik yang diatur pada frekuensi resonansi dari kristal. Jam ini lebih tepat dari pada jam pendulum dan digunakan dalam bidang astronomi dan bidang pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian dan keakuratan.

Semoga di masa depan, akan kita temukan lagi yang jam-jam berteknologi canggih yang semakin memudahkan manusia dalam menentukan waktu dan dalam berbagai bidang pekerjaan atau aktivitas.

Wah, nggak kebayang yaa, jika sampai saat ini kita masih menggunakan jam matahari, jam air, lilin atau jam pasir yang antik dan menarik itu.

 

Baca juga selengkapnya disini : Jam Boldr