Menu Close

Tips Memilih Rompi Safety untuk Pekerja Konstruksi dan Pertambangan

Bagi Anda yang bekerja di industri yang mempunyai tingkat resiko bahaya lebih tinggi dalam bekerja sudah pasti wajib mengikuti standar K3 dan menggunakan rompi safety untuk menunjang keselamatan pekerja sudah menjadi sebuah keharusan.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips dari kami untuk memilih rompi yang cocok dengan keperluan karyawan anda:

1. Pilih bentuk dan ukuran yang cocok dengan pengguna serta nyaman untuk digunakan

Kebanyakan rompi yang dipasarkan di pasaran menggunakan ukuran free size sehingga bisa mempermudah kamu dalam memenuhi keperluan karyawan. Selain ukuran yang cocok, kamu juga perlu menentukan kenyamanan karyawan dengan memperhatikan secara teliti bahan yang digunakan pada rompi yang anda beli. Bahan yang umum digunakan pada rompi ada bermacam-macam biasanya menggunakan bahan sebagai berikut:

  • Net: Jenis rompi yang berjaring dan umumnya berbahan dasar kain yang ringan.
  • Polyester: Tipe kain sintetis yang mulai populer di Indonesia dan di dunia. Kain polyester yaitu kain sintetis, yang berarti serat buatan dan tidak tersedia secara bebas di alam, seperti katun, viscose, sutera, dan kain lainnya yang seratnya diolah dari alam. Bahan Polyster terasa lembut dan nyaman saat digunakan.
  • PVC: Bahan Polyvinyl Chloride (PVC) lebih tahan air karena terbuat dari bahan plastik umum atau parasut. Walau bahannya sedikit lebih berat dari bahan lainnya, namun PVC akan lebih aman dalam melindungi pemakainya. Penggunaan rompi dengan bahan PVC setidaknya melindungi kita supaya tidak basah. Maka dari itu, bahan PVC ini penting untuk dipertimbangkan.
  • Dakron: Dakron adalah nama merk dagang dari serat tekstil yang dibuat oleh perusahaan dari Inggris sebagai merek dagang. Dakron pada rompi keselamatan digunakan sebagai pelapis bagian dalam rompi.

Cek Juga: Sepatu AP Boot

Selain bahan-bahan di atas, masih ada beberapa bahan lain yang biasanya menggunakan bahan-bahan tersebut. Reflector atau scotlight adalah fitur tambahan pada rompi yang berguna untuk memberi pedoman pada pekerja lain disaat rompi terkena sinar cahaya.

Reflector pada rompi umumnya ditambahkan dengan aksesoris seperti zipper, kancing atau kantong di sisi rompi. Untuk menunjang kenyamanan karyawan dalam bekerja, sesuaikan keadaan di lapangan dengan bahan rompi yang akan digunakan.

Misalkan untuk karyawan konstruksi yang bekerja di lingkungan outdoor, sebaiknya memakai rompi yang tidak membuat karyawan merasa gerah dalam memakainya. Net vest adalah yang paling direkomendasikan dalam keadaan ini.

Usahakan untuk memberikan karyawan rompi yang mempunyai fitur pita reflective pada pakaian rompi supaya bisa mempermudah karyawan lain mengamati karyawan yang sedang melakukan pekerjaan baik dalam keadaan terang maupun gelap. Jika rompi yang Anda punya tidak mempunyai fitur pita reflektif, kamu dapat membeli pita reflektif secara terpisah dan dijahit.

2. Amati spesifikasi rompi safety dengan baik

Pelajari dengan baik spesifikasi rompi pengaman yang cocok dengan keperluan karyawan Anda. Spesifikasi harga rompi sangat berkaitan karena semakin baik spesifikasi dan fitur rompi maka semakin mahal pula harganya. Sesungguhnya harga rompi tidak terlalu mahal namun tergantung dengan keperluan. Satu buah rompi biasanya dibandrol dengan harga 20 sampai 100 ribu Rupiah per rompi.

Baca Juga: Kacamata Safety

Tidak hanya helm safety, rompi safety juga harus menggunakan warna cerah untuk mempermudahkan karyawan lain dalam mengenali karyawan yang sedang bekerja bersama-sama di lapagan. Usahakan untuk memilih strip yang mempunyai warna jauh lebih kontras dari warna dasar rompi supaya pantulan sinar yang diwujudkan bisa ditangkap dengan baik oleh mata.

3. Pilih safety vest yang mempunyai kualitas baik

Bagi karyawan yang bekerja di zona outdoor seperti pertambangan, sangat penting bagi mereka untuk menghindari ketidaknyamanan pada baju yang mereka pakai disaat terjadi hujan.

Situasi lingkungan serta cuaca yang tidak menentu membuat pemilik perusahaan harus mengakali keadaan tersebut dengan memilih rompi yang tahan air supaya tidak memberatkan pekerja dalam keadaan basah.

Selain sanggup melindungi karyawan ketika diterpa hujan, Anda juga harus memperhatikan kualitas rompi mulai dari jahitan rompi yang rapi dan kuat serta kesanggupan pita reflective dalam memantulkan sinar pada saat siang ataupun malam. Pilihlah bahan PVC Dakron atau nylon polyester yang lebih tebal supaya rompi lebih tahan lama dan nyaman digunakan.

Sekian tips dalam memilih rompi yang bisa kami sampaikan. Semoga memberikan manfaat untuk anda.

Simak Juga: Alat Keselamatan Kerja