Menu Close

Tutorial Liburan Singkat ke Pulau Seribu untuk Para Backpacker

Ingin liburan akhir pekan yang lebih dari sekedar jalan-jalan ke mall? Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya mungkin dapat pergi berwisata ke Pulau Seribu. Karena singkatnya akhir pekan, sebaiknya tidak perlu menggunakan jasa travel. Lebih baik mencoba alternatif dengan berwisata backpacker saja. Simak tutorial berikut ini.

Wisata pulau seribu merupakan salah satu solusi tempat yang cocok untuk kamu yang berkeinginan menghilangkan penat dengan lebih mudah. Selain menyajikan panorama alam yang cantik, pulau ini juga mempunyai lokasi yang tidak terlalu jauh sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Lokasi yang benar-benar dekat dengan Jakarta sehingga banyak turis yang berbondong-bondong untuk mengunjungi pulau ini terutama saat liburan akhir pekan.

Seandainya jika ingin berlibur pastinya membutuhkan biaya yang sungguh banyak. Mulai dari penginapan, transportasinya, bahkan travel guide jika kamu yang ingin berlibur dengan di pandu oleh pemandu tamasya supaya lebih terarah. Untuk kamu yang berkeinginan berlibur ke pulau seribu namun dengan budget pas-pasan kamu juga dapat traveling ala backpacker ke Pulau Seribu tanpa harus didampingi oleh tour guide.

Simak Juga: Outbound Puncak

Selain mengirit budget wisata kamu terbukti menjadi backpacker ketika wisata itu dapat memacu keberanian kita juga dan tentunya kamu dapat berpergian ke tempat wisata mana saja sesuka hati tanpa terikat oleh waktu.

Hal yang patut kamu lakukan sebelum berwisata ke Pulau Seribu. Ada dua rute untuk menuju Pulau Seribu, yang pertama ada pelabuhan Muara Angke dan pelabuhan Marina Ancol. Supaya tidak tertinggal kapal usahakan datang lebih awal dari jadwal keberangkatan ketika pembelian karcis. Usahakan 1-2 jam sebelum keberangkatan kamu sudah ada di pelabuhan.

Di Pulau Seribu ini ada bermacam-macam lokasi wisata pantai yang dapat kamu kunjungi, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan masih banyak lagi. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan.

1. Persiapkan Peralatan yang Akan Kamu Bawa

Ini merupakan hal yang penting pada saat menjadi traveler backpacker. Identik dengan tas besar, seorang backpacker patut membawa tas berukuran besar yang dimana nanti akan di isi dengan perlengkapan mandi, baju ganti, makanan ringan, dan obat-obatan. Kecuali itu tidak lupa membawa handphone atau kamera yang digunakan untuk mengabadikan momen-momen cantik ketika di Pulau Seribu nanti.

2. Persiapkan dan Rencanakan Jadwal Rincian Kamu

Sebagai seorang backpacker sebelum berangkat kamu patut menyiapkan jadwal kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan setelah sampa di Pulau Seribu. Kamu harus tahu jadwal secara terperinci dan itu harus fix. Kamu juga harus merincikan biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan supaya pengeluaranmu dapat terkontrol dengan baik. Maka dari itu agar lebih mudah kamu dapat mencontek dari itinerary paket-paket perjalanan wisata Pulau Seribu yang banyak di dunia maya agar daftar agenda kamu berjalan dengan lancar.

Cek Juga: Komodo Liveaboard

3. Setelah Sampai Cari Kenalan Penduduk atau Guide Lokal Pulau Seribu

Sebagai turis pendatang baru di tempat yang asing, sebelum berangkat kamu juga patut mencari kontak penduduk Pulau Seribu atau guide lokal Pulau Seribu. Untuk itu kamu dapat mencarinya di dunia maya. Selain untuk menerima berita yang lebih akurat, kamu juga menjadi lebih mudah untuk meminta bantuan seandainya terjadi apa-apa di Pulau Seribu. Selain itu juga akan mempermudah kamu untuk membantu mencarikan penginapan murah dan makanan murah selama kamu di Pulau Seribu. Tapi pastikan juga orang tersebut terpercaya atau tidak.

4. Pilih Penginapan yang Murah, Aman, dan Nyaman

Untuk kamu backpacker yang berkeinginan menginap dan berwisata dalam waktu yang lama di Pulau Seribu, pastikan kamu telah booking tempat untuk rehat selama kamu disana. Entah homestay, hotel, atau malah rumah penduduk yang umumnya disewakan untuk tempat peristirahatan turis selama berwisata. Pilihlah penginapan yang cocok dengan budget yang kamu punya dan pastikan penginapan itu aman dan nyaman untuk kamu. Ini dapat kamu temukan lewat aplikasi di dunia maya.

5. Hindari Makan-Makan di Restoran Dekat Pantai

Kalau kamu ingin sedikit berhemat sebaiknya hindari makan di warung-warung dan kafe dekat pantai. Harganya berkisar Rp 20.000 – Rp 100.000. Carilah tempat makan atau warung-warung penduduk di sepanjang jalan Pulau Seribu karena harganya lebih murah.

Itu dia tips untuk kamu yang berkeinginan menghabiskan waktu liburan akhir pekan ke Pulau Seribu dan tanpa travel guide. Tips ini juga menjadi informasi untuk kamu agar dapat menjadi backpacker yang dapat berwisata seru tapi tetap hemat, semoga bermanfaat.

Kunjungi Juga: Papua Paradise