Menu Close

10 Keuntungan Dari Menggunakan Telepon IP PBX

Apa itu IP PBX?

IP PBX merupakan sarana atau perangkat telekomunikasi perusahaan dimana panggilan telepon melewati jaringan data atau IP. Seluruh percakapan akan dikirim dalam bentuk paket data lewat jaringan tersebut. Teknologi ini meliputi fitur-fitur komunikasi canggih dan modern, dan juga memberikan keleluasaan untuk pengembangan (expansi) dan tingkat penggunaan asset yang diharapkan oleh perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/merubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX bisa terhubung ke jalur PSTN tradisional lewat gateway VOIP sehingga perusahaan bisa tetap menggunakan nomor telepon reguler.

Cara kerja IP PBX:

Cara kerja dari sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalanan PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan sistem kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis telepon pintar, mendaftar ke server IP PBX, dan disaat mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk menjalankan panggilan. IP PBX mempunyai daftar seluruh telepon/pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian bisa menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik lewat gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

10 Keuntungan dari menggunakan IP PBX:

1. Jauh lebih mudah dalam menginstal atau mengkonfigurasi IP PBX ketimbang sistem telepon proprietary.
Sebuah IP PBX bekerja sebagai perangkat lunak pada komputer dan bisa memanfaatkan seluruh kemampuan dari antarmuka komputer serta fitur Windows. Siapa saja yang ahli dalam jaringan dan komputer dapat menginstal dan memelihara sebuah PBX IP. Sebaliknya sistem telepon proprietary sering kali membutuhkan seorang teknisi yang terlatih pada sistem proprietary tertentu.

2. Lebih mudah untuk mengelolanya karena konfigurasi IP PBX menggunakan antar muka GUI berbasis web.
Sebuah IP PBX bisa dikelola lewat antarmuka konfigurasi berbasis web atau GUI, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memelihara dan menjalankan perubahan pada sistem telepon Anda. Sistem telepon proprietary menggunakan antarmuka yang sering kali dirancang untuk digunakan hanya oleh teknisi telepon.

3. Penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VOIP
Dengan IP PBX Anda bisa dengan mudah menggunakan penyedia layanan VOIP untuk jarak jauh dan panggilan internasional. Menghemat pengeluaran bulanan secara signifikan. Apabila Anda mempunyai kantor cabang, Anda bisa dengan mudah menghubungkan sistem telepon antara cabang dan membuat panggilan telepon tanpa dipungut biaya.

Baca Juga: IP PABX

4. Tidak perlu lagi kabel telepon
Sebuah IP PBX memungkinkan Anda untuk menghubungkan hardware telepon secara langsung ke port jaringan komputer standar (yang bisa berbagi dengan komputer yang berdekatan). Umumnya perangkat lunak bisa diinstal langsung ke PC. Anda sekarang bisa membuang kabel telepon dan membuat, menambahkan atau memindahkan ekstension jauh lebih mudah. Biaya instalasi dan harga kabel telepon dapat menempuh 10-20 persen dari harga PBX. Tinggalkan penggunaan kabel telepon dan menghentikan pengeluaran biaya untuk merawat kabel telepon.

5. Terhindar dari ketergantungan vendor/Brand PBX IP didasarkan pada standar terbuka SIP.
Anda sekarang bisa menggabungkan dan mencocokkan setiap perangkat keras atau perangkat lunak telepon SIP dengan IP PBX berbasis SIP, PSTN Gateway atau penyedia VOIP. Sebaliknya, sistem telepon proprietary sering kali memerlukan key telepon untuk menggunakan fitur-fitur canggih dan membutuhkan modul tambahan dari brand yang sama untuk menambahkan fitur.

6. Scalable dan Expandable
Sistem telepon proprietary seringkali sulit untuk dikembangkan. Menambahkan saluran telepon atau ekstensi lebih sering kali memerlukan modul perangkat keras yang mahal. Dalam beberapa kasus, anda memerlukan sistem telepon yang baru. Hal ini tidak terjadi pada IP PBX, komputer standar dengan mudah dapat menangani sejumlah besar saluran telepon dan ekstensi hanya dengan menambahkan ip phone ke jaringan Anda untuk menambah ekstensi.

7. Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan Anda
Dengan IP PBX Anda bisa memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas. Karena sistem telepon berbasis komputer Anda bisa mengintegrasikan fungsi telepon dengan aplikasi bisnis. Sebagai contoh dengan Caller ID, Anda bisa menerima telepon dengan memanggil namanya, secara dramatis meningkatkan layanan pelanggan dan pemotongan biaya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan pada setiap panggilan. Panggilan keluar bisa ditempatkan secara langsung dari Outlook, menghilangkan kebutuhan bagi pengguna untuk mengetikkan nomor telepon.

8. Karena Fitur dobel dengan harga diskon 50%
Karena IP PBX merupakan perangkat lunak, maka lebih mudah bagi pengembang untuk menambah dan meningkatkan fitur-fitur. Kebanyakan sistem telepon VOIP datang dengan satu set fitur canggih, termasuk auto attendant, voice mail, ring group, laporan pemakaian dan banyak lagi. Fitur-fitur alternatif ini sering kali sungguh-sungguh mahal di sistem telepon proprietary.

9. Memungkinkan hot desking dan roaming
Hot desking merupakan proses yang dapat dengan mudah memindahkan kantor/meja didasarkan pada tugas dikerjakan, sekarang ini telah menjadi sangat populer. PBX tradisional sayangnya mewajibkan kita untuk memindahkan ekstensi ke lokasi/meja baru. Dengan IP PBX, pengguna hanya mengambil telepon ke meja baru dan tidak ada pemindahan kabel yang dibutuhkan.

Pengguna bisa menjelajah (roaming) apabila seorang karyawan bekerja dari rumah, dia hanya perlu menjalankan perangkat lunak telepon SIP mereka dan mampu menjawab panggilan ke ekstensi mereka, seperti saat mereka berada di kantor. Panggilan bisa dialihkan mana saja di dunia karena karakteristik protokol SIP.

10. Telepon IP lebih mudah digunakan
Telepon SIP atau IP lebih mudah untuk digunakan. Karyawan sering kali menggunakan fitur telepon tingkat lanjut: Menyiapkan konferensi, mentransfer panggilan tetapi pada sebuah PBX tua semuanya membutuhkan perintah khusus.

Sedangkan dengan IP PBX seluruh fitur bisa dengan mudah dijalankan karena menggunakan GUI/antarmuka yang user friendly. Pengguna bisa mengetahui status ekstensi lain, panggilan masuk dan antrean panggilan lewat software klien Windows IP PBX. Sistem telepon proprietary sering kali memerlukan key telepon yang mahal untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada sistem telepon Anda, info status yang didapat seringkali samar-samar.

Kunjungi Juga: NEC Indonesia