Menu Close

Pertimbangkan Yang Harus Diperhatikan Kaum Milenial Sebelum Membeli Apartemen

Mempunyai hunian yang nyaman merupakan impian semua orang, termasuk bagi kaum milenial. Sebagai pilihan hunian, kaum milenial terkadang memilih tinggal di apartemen karena alasan kemudahan dan kenyamanan.

Selain itu, apartemen dibangun dengan fasilitas yang lengkap dan akses teknologi yang relatif terjangkau sehingga menjadi alternatif bagi kaum milenilal. Kaum milenial yang tumbuh bersama dengan teknologi sangatlah bergantung dengan hal-hal tersebut. Sebagian apartemen di perkotaan, yang dekat dengan akses perkantoran dan gaya hidup modern tidak jarang menawarkan akses internet dan teknologi rumah modern.

Kaum Milenial juga menyukai hunian sederhana; kamar dan ruangan dengan desain sederhana dan ringkas sehingga pekerjaan membersihkan rumah tidak lagi menjadi beban.

Tapi menyewa atau membeli apartemen tidaklah mudah. Seperti halnya memiliki rumah, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin menempati sebuah apartemen.

Baca Juga: Apartemen Jakarta Pusat

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli apartemen.

Pikirkan Dengan Matang

Dalam perencanaan membeli sebuah apartemen, atau aset lainnya, pastikan apakah hal-hal tersebut sangat benar diperlukan oleh anda dan keluarga. Kemudian, pikirkan fasilitas apa yang diperlukan dari sebuah apartemen.

Tidak semua apartemen menyediakan fasilitas yang lengkap dan juga tidak semua fasilitas pasti akan kita perlukan. Misalnya memilih apartemen yang juga menyediakan ruko sebagai tempat usaha jika ingin membuka usaha. Atau apartemen yang juga menyediakan tempat penitipan anak, gym, kolam renang, dan sebagainya.

Konsultasikan dengan Bank

Metode paling mudah dan aman untuk memiliki apartemen adalah dengan cara kredit. Program KPR bisa menjadi alternatif. Konsultasikan dengan pihak bank bagaimana prosedur dan peraturan untuk mengambil program ini. Jujur mengenai keuangan pada bank juga dianjurkan supaya bank bisa memberikan solusi kongkrit. Berikutnya, untuk pembayaran DP dan kreditan, hal-hal tersebut dapat dikendalikan sendiri. Apabila ingin kredit lebih ringan, maka anggaran untuk DP bisa ditingkatkan.

Membayar DP besar membuat kreditan bulanan lebih ringan dan lebih sedikit pula bunga bulanan yang dibayarkan. Tetapi, ekstra anggaran untuk DP juga tidak selalu baik. Kembali lagi ke keperluan masing-masing, membayar DP secukupnya membuat sisa uang bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya, seperti modal usaha.

Di Indonesia, DP untuk program KPR paling tidak 30% dari harga apartemen atau aset, mtetapi masih dapat dibayarkan lebih dari 30%.

Kunjungi Juga: Apartemen Mewah di Menteng

Pelajari Developer Apartemen

Pengembang atau developer apartemen perlu diperhatikan kinerja dan rekam jejaknya supaya tidak tertipu.

Tidak dapat dipungkiri, bisnis apartemen mempunyai peraturan dan perlakuan berbeda dari pemerintah ketimbang rumah dan perumahan. Kita perlu memahami benar jenis-jenis apartemen, apakah sewa, hak milik, hak gunakan bangunan dan sebagainya hali ini penting supaya tidak tertipu dan merugikan diri sendiri.

Cara paling mudah untuk memperhatikan apakah developer sebuah apartemen terpercaya atau tidak adalah dengan rajin browsing nama mereka di mesin pencarian internet untuk memperhatikan apa ada kasus di masa lalu.

Apabila ada waktu, kunjungi proyek mereka terdahulu dari pengembang tersbut dan berbicara dengan penghuni atau penjaga apartemen untuk menggali informasi. Tidak lupa, tanyakan secara mendetail hal-hal apa yang ingin anda ketahui dari Costumer Service.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan di masa depan, sewa jasa pengacara sebelum menandatangani kontrak. Tujuannya adalah untuk mendapat nasehat hukum pada perjanjian kepemilikan aset.

Selain pengacara, nasehat keuangan dari orang-orang terdekat juga dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli apartemen.

Amati Lingkungan Sekitar Apartemen

Lingkungan secara tidak langsung akan memengaruhi pengeluaran biaya setiap bulan. Pastikan survei lingkungan sekitar dikerjakan untuk memperhatikan besarnya biaya hidup, supaya kreditan apartemen tidak terkendala biaya hidup dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Simak juga tips-tips lain seputar membeli apartemen disini.