Menu Close

6 Tips Memilih Sofa Yang Tepat Untuk Anda


Seperti segala hal lain di era pilihan tanpa akhir ini, tampaknya ada pilihan tak terbatas ketika memilih sofa. Anda mungkin berpikir Anda tahu persis apa yang Anda inginkan, tetapi begitu Anda memasuki toko atau menelusuri gambar secara daring, gaya, bentuk, dan alternatif penyesuaian dapat menjadi luar biasa. Hemat waktu, uang, dan penyesalan pembeli potensial dan gunakan tips ini untuk mendapatkan ide yang jelas tentang apa yang Anda inginkan (dan apa yang Anda butuhkan!) Sebelum Anda memulai perburuan.

1. Pertimbangkan ukuran terlebih dahulu. Jika Anda memiliki ruang tamu yang lebih besar, Anda harus memutuskan dengan tepat berapa banyak ruang tamu yang ingin diisi sofa Anda. Apakah Anda ingin memasukkan sofa atau kursi lain? Apakah kamu mau meja kopi? Jika demikian, sofa sederhana, atau sofa dengan bentuk L sedikit mungkin paling cocok. Jika Anda mencari sofa ruang tamu, cari bentuk sofa bundar yang mengambil sedikit lebih banyak ruang dan menyediakan banyak tempat duduk.

Jika Anda memiliki ruang tamu yang kecil, kemungkinan Anda membutuhkan sofa yang lebih kecil. Dengan ruang yang lebih sedikit, sofa atau sofa apa pun akan menjadi sorotan, jadi penting untuk memilih sesuatu yang praktis, tetapi juga memiliki desain yang kuat yang membawa dan melengkapi sisa ruang.

Cek Juga: Kursi Santai

2. Putuskan dengan tepat bagaimana sofa akan diorientasikan. Berhasil mengatur ruang hidup dimulai dengan menganalisis gaya hidup Anda. Apa yang paling Anda lakukan di ruang itu? Apakah Anda suka bersantai di depan TV? Pastikan sofa Anda menghadap ke arah itu. Suka hosting game atau anggur malam? Buat setengah lingkaran (atau bahkan lingkaran penuh) di sekitar tabel pusat.

Apakah keluarga Anda menggunakan ruang tamu untuk bersantai, bersantai, dan membaca? Kelilingi sofa Anda dengan kursi dan bantal untuk menciptakan beberapa area tempat duduk yang dapat dinikmati secara individu, atau sebagai kelompok besar.

3. Tentukan bentuk mana yang paling sesuai dengan ruangan. Sekarang setelah Anda memutuskan fungsi sofa Anda, saatnya untuk mencari tahu bentuk mana yang akan membantunya memenuhi tujuan itu. Bentuk L yang bersih sangat bagus untuk area terbuka yang perlu dibagi – seperti memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Yang Perlu Diketahui Tentang Membeli Sectional

Bentuk yang lebih bulat sedikit lebih kondusif untuk ruang yang lebih kecil yang dimaksudkan untuk berfungsi sebagai area berkumpul untuk kelompok orang, tetapi juga bisa sempurna untuk ruang media.

Jika Anda ingin menerapkan lebih banyak kursi dan meja di ruang tamu Anda, kursi malas atau sofa daybed bisa menjadi alternatif yang baik untuk sofa tradisional. Ini masih menyediakan tempat duduk untuk beberapa orang, tetapi kompak dan dapat berfungsi sebagai versi futon yang lebih canggih.

4. Penelitian bahan pelapis. Mana yang terbaik untuk Anda? Estetika itu penting, tetapi fungsionalitas adalah kunci dalam memilih bahan untuk sofa Anda. Banyak dari kita yang ingin menikmati sofa suede putih yang mewah – mereka sangat cantik, tetapi sangat rentan. Suede bisa menjadi pilihan yang buruk jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil yang akan menyebabkan kerusakan serius.

Kulit (terutama dalam warna gelap) konsisten dalam hal gaya, umumnya cocok dengan usia, dan dapat cukup mudah dibersihkan.

Pilihan lain adalah memilih sofa Anda dilapisi kain outdoor. Banyak perusahaan sekarang membawa kain Sunbrella, yang tahan terhadap noda, air dan memudar dari matahari. Banyak perusahaan furnitur luar ruang juga memiliki sofa luar ruangan dan kursi cinta yang begitu sederhana dan klasik dalam desain sehingga mereka dapat dengan mudah digunakan di dalam ruangan.

Baca Juga: Recliner Sofa

5. Pilih gaya yang melengkapi rumah Anda. Mungkin agak sulit untuk menentukan gaya pribadi Anda sendiri, tetapi ikuti insting Anda saat memilih jenis sofa yang cocok di rumah Anda. Jika gaya Anda ramping dan modern, pilih sesuatu yang mencerminkan garis-garis yang bersih dan warna-warna dramatis.

Jika rumah Anda merupakan perpaduan eklektik dari warna dan desain, sofa yang menggabungkan beberapa gaya (seperti sofa vintage yang dilapisi kain berwarna-warni, atau bentuk yang lebih modern dengan aksen tradisional) dapat menjadi ekspresi sempurna dari selera Anda.

Jika penampilan Anda sedikit lebih tradisional, sofa berstruktur klasik dengan bahan yang tahan lama dan netral akan tahan uji waktu dan akan bekerja dengan baik dengan berbagai warna dan potongan pelengkap.

6. Pilih warna: cerah, dicetak, atau netral? Re-upholstering furniture telah menjadi pilihan yang relatif murah bagi siapa saja yang ingin mempersonalisasikan sepotong furnitur.

Jika Anda terlalu gugup untuk bereksperimen dengan warna dan pola yang lebih berani di sofa Anda, Anda selalu dapat memilih ottoman funky yang dapat berfungsi ganda sebagai meja kopi. Ini akan menambah rasa keragaman yang lebih halus ke ruang tamu Anda, sambil melengkapi sofa dan kursi yang lebih klasik.

Kunjungi Juga: Sofa Minimalis Terbaru