Menu Close

Penyebab Utama Kebakaran Rumah

Penyebab utama yang paling sering  menyebabkan kebakaran rumah adalah memasak. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kobaran api di dapur:

MATIKAN oven atau kompor

Tidaklah mengherankan jika Anda sudah selesai memasak, Anda harus mematikan kompor atau oven. Tapi 40% orang lupa melakukan hal itu. Inilah trik yang selalu berhasil untuk saya: saat Anda menyalakan oven atau kompor, nyalakan juga exhaust fan. Kebisingan akan menjadi pengingat yang baik untuk mematikan kipas angin, dan saat Anda melakukannya, Anda juga harus ingat untuk mematikan oven atau kompor.

Tetaplah di dapur saat memanggang, memanggang, menumis, atau menggoreng

Jenis memasak apa pun yang dilakukan dengan cepat dan melibatkan nyala api yang tinggi atau kumparan listrik yang terbuka sangat panas memerlukan perhatian penuh Anda. Jadi… tetaplah di dapur saat melakukan hal-hal seperti membuat donat. Tetapi jika Anda harus pergi untuk waktu yang lama, matikan kompor.

Tetap di rumah saat merebus, memanggang, memanggang, atau merebus

Jenis memasak ini dilakukan lebih lambat dan dengan api yang lebih rendah, jadi Anda bisa keluar dari dapur, tapi tolong jangan keluar rumah! Tidak hanya lebih baik jika masakan Anda berada di rumah di mana Anda dapat memantau aromanya, tetapi juga lebih aman karena jika terjadi kesalahan, Anda akan berada di sana untuk menciumnya dan dapat segera menghentikannya. Praktik teraman adalah menyalakan pengatur waktu untuk mengingatkan diri sendiri agar memeriksa makanan Anda.

Masak dengan pakaian yang tepat: tidak ada yang longgar dan tidak ada lengan yang menjuntai

Pakaian longgar dan lengan baju yang menjuntai bisa terbakar sebelum Anda menyadari apa yang terjadi. (Astaga!) Itulah mengapa lebih aman memakai pakaian yang lebih dekat dengan kulit Anda.

Simak Juga: Pengisian Apar

Jauhkan area memasak Anda dari bahan yang mudah terbakar

Jauhkan apa pun yang mudah terbakar dari kompor, oven, dan peralatan lain yang menghasilkan panas. Item yang mudah terbakar meliputi:

  • Serbet kertas, handuk dan tas
  • Resep hasil cetakan, kartu dan buku
  • Kemasan makanan
  • Tempat panci / sarung tangan
  • Peralatan kayu
  • Handuk
  • Gorden

Terapkan zona bebas anak

Memiliki anak bungsu Anda dapat mengganggu Anda. Mereka juga dapat memindahkan barang yang mudah terbakar ke zona panas tanpa Anda sadari! Jadi, terapkan “zona bebas anak” setinggi tiga kaki di sekitar kompor dan oven. Saat Anda membawa anak-anak ke dapur, pastikan Anda memasak resep yang ramah anak bersama-sama.

Jauhkan hewan peliharaan dari permukaan dan meja memasak

Meskipun hewan peliharaan anda yang paling lucu di luar sana, mereka tidak memahami keamanan kebakaran. Cobalah yang terbaik untuk melatih hewan peliharaan Anda agar menjauh dari meja dapur dan jauh dari oven dan kompor.

Bersihkan permukaan memasak secara teratur untuk mencegah penumpukan lemak

Bekas tetesan minyak sangat mudah terbakar. Untuk amannya, jaga kebersihan semua permukaan di area dapur. Ini adalah sesuatu yang akan kami bantu dengan senang hati! Berikut cara membersihkan semua yang ada di dapur Anda. Anda mungkin juga membutuhkan panduan langkah demi langkah untuk membersihkan oven hood / exhaust fan.

Gunakan minyak goreng yang tepat

Setiap minyak memiliki titik asapnya sendiri-sendiri (suhu saat mulai mengeluarkan asap), jadi gunakan minyak yang tepat saat memasak agar makanan tidak gosong dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Pasang alarm asap

Anda harus memiliki alarm asap di setiap tingkat rumah Anda, di dekat kamar tidur Anda dan di dekat tempat Anda memasak. Jika Anda tidak memiliki alarm asap di dekat dapur, dapatkan alarm, ujilah setiap bulan dan ganti semua baterai sekali setahun. Palang Merah memiliki rincian lebih lanjut tentang alarm asap.

Belilah alat pemadam kebakaran

Alat pemadam kebakaran adalah cara tercepat untuk menghentikan kebakaran sebelum tidak terkendali, jadi simpanlah satu di dapur atau pantry Anda. Mereka juga mudah digunakan tetapi jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi pemadam kebakaran setempat.

Padamkan api kecil dengan aman

Jika Anda sedang memasak dan api mulai menyala di wajan, geser penutup di atas wajan yang terbakar dan matikan kompor. Dengan begitu, tidak ada oksigen yang memberi makan api. Biarkan tutupnya sampai panci benar-benar dingin. Memindahkan panci dapat menyebabkan cedera serius atau menyebarkan api. Jika ini adalah api minyak, jangan pernah gunakan air; gunakan alat pemadam kebakaran Anda.

Langkah-langkah di atas mungkin terdengar tidak asing bagi juru masak yang sudah berpengalaman, tapi tolong sampaikan kepada siapa saja yang baru belajar memasak di dapur. Semoga cara ini dapat bermanfaat bagi Anda dan orang-orang disekitar Anda!

Kunjungi Juga: Isi Ulang Tabung Pemadam