Menu Close

Tips Menggunakan Painter Tape

Pergunakan painter tape dengan cepat dan efektif sehingga Anda bisa mulai mengecat lebih cepat dan membuat lebih sedikit kesalahan.

Membersihkan Cetakan Sebelum Mengaplikasikan Painter Tape

Bahkan selotip yang paling lengket pun tidak akan menempel jika Anda menempelkannya pada permukaan yang berdebu dan kotor. Anda akan menghemat banyak waktu dan frustrasi jika Anda memulai setiap pekerjaan masking dengan membersihkan cetakan atau dinding tempat Anda memasang selotip. Biasanya hanya perlu membersihkan debu secara menyeluruh dengan kain lembab. Tetapi jika permukaannya berminyak, Anda harus mencucinya dengan larutan deterjen. TSP-PF (bebas fosfat), tersedia di pusat-pusat rumah dan toko cat, adalah deterjen pilihan bagi kebanyakan orang yang ingin mengecat. Tunggu hingga permukaan benar-benar kering sebelum ditutup.

Mempercepat Persiapan Mengecat dengan Aplikator Painter Tape

Jika Anda benar-benar ingin mempercepat dan menyederhanakan pekerjaan masking Anda, belilah tape aplikator. Tampil adalah Aplikator ScotchBlue Painter Tape dari 3M. Ini tersedia di pusat perkakas rumah dan toko cat dengan gulungan selotip, dan ini dirancang untuk membantu Anda menutupi secara tepat menggunakan permukaan yang berdekatan sebagai panduan. Anda cukup menggulungnya di sepanjang cetakan, dinding atau langit-langit untuk mengaplikasikan selotip. Kemudian gunakan pemotong bawaan untuk mengiris selotip di akhir proses. Dengan alat ini, bahkan seorang pemula pun bisa mendapatkan hasil yang luar biasa hanya dengan beberapa menit latihan.

Cek Juga: Harga Lakban Hitam

Tekan Painter Tape untuk Memastikan Perekatan Yang Baik

Setelah Anda memasang painter tape, pastikan untuk menekan tepi untuk menyegelnya. Jika tidak, cat pasti akan meresap ke bawah tepi selotip. Pisau dempul yang fleksibel sangat cocok digunakan. Mulailah dari salah satu ujung pita Anda dan tarik bilah di sepanjang pita sambil menekan ke bawah. Sedikit miringkan bilah pisau dempul sehingga Anda memberikan tekanan tepat di sepanjang tepi pita.

Bagaimana Melindungi Dinding Saat Mengecat Plafon

Jika Anda mengecat semprotan bertekstur langit-langit, menggantungkan terpal plastik ringan adalah cara terbaik untuk melindungi dinding Anda. Berikut cara cepat dan mudah untuk menggantung plastik. Gunakan painter tape selebar 1-1 / 2 inci dengan kekuatan penahan sedang hingga tinggi. Tekan tepi atas ke bawah, tetapi biarkan bagian bawah kendur. Ini harus sedikit menggulung untuk mengekspos bagian bawah yang lengket. Tempelkan tepi terpal plastik ringan ke selotip dan biarkan menggantung di lantai. Anda tidak perlu menyelipkan plastik di bawah selotip. Cukup gulung selotip kembali ke tempatnya dan tempelkan plastik ke perekat yang terbuka. Selalu uji terlebih dahulu di area yang tidak mencolok untuk memastikan selotip tidak menarik cat dari dinding. Terpal “plastik pengecat” super tipis adalah pilihan yang baik untuk jenis penutup ini karena murah dan ringan, serta menghasilkan lebih sedikit limbah. Tumpang tindih plastik di ambang pintu untuk membuat bukaan.

Bagaimana Menerapkan Painter Tape di Sudut

Sangat mudah untuk mendapatkan kesesuaian yang sempurna di sudut dalam dengan teknik sederhana ini. Untuk mempersiapkan mengecat sudut, mulailah dengan menempelkan selotip pertama ke dinding, membuatnya agak panjang. Tekan selotip ke sudut dengan pisau dempul. Kemudian potong sepanjang lipatan dengan pisau tajam dan lepaskan potongan potongan. Sekarang Anda tidak perlu terlalu berhati-hati dengan bagian berikutnya.

Terapkan Tepi Kertas Kraft untuk Melindungi Lantai saat Mengecat

Berikut tip untuk menghemat waktu saat Anda memindahkan kain lap. Mulailah dengan menerapkan batas kertas kraft di sekitar ruangan, pastikan untuk menutupi tepi yang paling dekat dengan trim dasar dengan hati-hati. Anda dapat membeli gulungan kertas penutup selebar 6 inci di pusat rumah dan toko cat. Tampil adalah alat penutup tangan yang mempercepat pekerjaan. Anda dapat membelinya di pusat rumah dan toko cat. Dengan pembatas di tempat, Anda dapat memindahkan terpal saat Anda mengecat, dan Anda tidak perlu membuang waktu untuk menjaganya agar tetap rapat di alas tiang. Selama tepi terpal menutupi kertas, Anda siap melakukannya. Dan tip ini bekerja dengan baik pada permukaan keras dan karpet.

Terapkan Painter Tape Tanpa Alat Khusus

Untuk memasang painter tape dengan cepat dan tepat, tanpa alat khusus, tempelkan selotip beberapa inci ke cetakan dan buka gulungan sekitar 6 inci lagi. Saat Anda memegang gulungan selotip dengan erat ke dinding, putar ke bawah untuk menempelkan bagian selotip ini dan ulangi prosesnya. Ini membutuhkan sedikit latihan, tetapi menguasai teknik ini akan secara dramatis meningkatkan kecepatan dan akurasi masking Anda.

Skor Painter Tape Sebelum Menariknya

Idealnya Anda akan langsung melepas selotip, saat cat masih basah. Namun kenyataannya ini tidak praktis. Pertama-tama, sebagian besar cat berbahan dasar air mengering dengan cukup cepat. Pada saat Anda selesai mengecat sebuah ruangan, cat tempat Anda memulai sudah mulai mengering. Dan jika Anda harus mengaplikasikan lapisan cat kedua, Anda tentu tidak ingin melepas selotip dan harus mengoleskannya kembali. Solusinya adalah membiarkan cat benar-benar mengering dan kemudian gores tepi selotip dengan pisau dempul sebelum Anda menariknya. Ini akan merusak ikatan yang telah terbentuk dengan cat dan memastikan bahwa selotip akan terlepas dengan bersih tanpa merusak pekerjaan cat Anda.

Baca Juga: Masking Tape

Mengecat Di Dalam Sudut

Saat Anda mengubah warna dinding di sudut dalam, akan sulit untuk mendapatkan garis lurus yang bagus, terutama jika sudutnya membulat atau memiliki lapisan cat yang menumpuk. Triknya adalah mengecat sekeliling sudut dengan warna pertama. Kemudian ketika cat mengering, tutupi sisi yang dicat menggunakan selotip berkualitas tinggi. Tapi jangan mencoba merekam di pojok. Sebaliknya, pindahkan selotip sekitar 1/8 inci dari sudut di mana akan lebih mudah untuk mendapatkan garis lurus sempurna. Tidak ada yang akan menyadari bahwa satu warna cat sedikit melewati sudut, dan Anda akan mendapatkan perubahan warna yang lurus dan tajam.

Persiapan Mengecat: Penopengan Jendela Foolproof

Selain Anda memiliki tangan yang sangat mantap, saat mengecat jendela, akan lebih cepat dan lebih mudah untuk hanya menutupi kaca jendela — terutama jika Anda menggunakan metode super cepat ini: Tempelkan painter tape ke samping, biarkan ujungnya panjang. Kemudian tekan ujung selotip ke sudut dengan pisau dempul yang fleksibel. Gunakan pisau serbaguna untuk memotong selotip berlebih. Sekarang mudah untuk membalik di antara potongan-potongan samping, dan Anda tidak perlu khawatir tentang mendapatkan pita dengan panjang yang sempurna. Jika Anda mengecat dengan semprotan alih-alih menyikat, mulailah dengan memotong selembar kertas sekitar satu inci lebih kecil dari kaca dan meletakkannya di bawah selotip pertama yang Anda pasang.

Penutup Kertas Melindungi Trim dari Cat Roller Spatter

Memperpanjang painter tape dengan potongan 3-in. Hanya kertas penutup yang diperlukan untuk melindungi kayu dari sebagian besar percikan dan tetesan rol. Kertas tiga inci sangat ideal karena akan menonjol langsung. Kertas yang lebih lebar mungkin tampak seperti ide yang lebih baik, tetapi kertas akan melorot dan tidak akan memberikan banyak perlindungan. Dan sejak 3-in. kertas tidak melorot, Anda masih dapat menutup pintu tanpa menghalangi kertas.

Terapkan 3-in. kertas di sepanjang trim atas jendela dan pintu dan sepanjang alas tiang. Jangan repot-repot memasang kertas dengan rapat ke sudut-sudut di sepanjang alas tiang; Anda tidak perlu banyak perlindungan percikan di sana.

Lindungi dengan Kertas Masking Saat Mengecat

Kertas penutup menambahkan beberapa dolar untuk biaya pekerjaan mengecat, tetapi itu sepadan. Selain melindungi trim lebar, ini memudahkan untuk memotong di sepanjang alas tiang, plus melindungi tepi lantai saat Anda menggulung dinding dan langit-langit.

Pilih Painter Tape yang Tepat untuk Pekerjaan itu

Ada kalanya produk yang lebih murah akan melakukan pekerjaan sebaik produk mahal. Tapi painter tape murahan bukanlah barang murah. Jika Anda akan mengalami semua masalah masking, Anda ingin selotip yang akan menutup rapat ke permukaan dan lepas dengan mudah. Tetapi tidak ada satu jenis painter tape terbaik yang dapat digunakan dalam setiap situasi. Untuk masking umum, gunakan Scotch-Blue No. 2090 yang tersedia dari amazon.com. Ada dua versi: satu untuk masking standar, dan satu lagi dengan sedikit adhesi untuk menutupi permukaan yang halus. Anda dapat membiarkannya hingga 14 hari. Anda juga bisa menggunakan pita biru pada kaca jendela. Perekat akan tahan terhadap sinar ultraviolet tanpa memanggang di atas kaca. Scotch No. 2060 yang tersedia dari amazon.com sangat lengket dan bekerja dengan baik untuk permukaan bertekstur seperti semen dan batu bata. Jika Anda hanya akan membeli satu lebar, dapatkan painter tape dengan lebar 1-1 / 2 inci. Ini berfungsi dengan baik untuk sebagian besar tugas.

Cara Menghapus Painter Tape

Beberapa hal bisa salah saat harus melepas lakban. Jika Anda menunggu terlalu lama, perekat pada selotip akan mengeras dan tetap menempel di kayu. Atau jika cat mengeras tetapi tidak benar-benar kering, sebagian cat dinding mungkin terkelupas bersama selotip. Berikut adalah solusi untuk beberapa masalah umum: Kapan melepas painter tape Jika Anda suka menunda-nunda atau mengecat perlahan, pilih painter tape terbaik yang dirancang untuk dibiarkan selama beberapa hari. Scotch No. 2090 merupakan salah satu merk yang menggunakan bahan perekat yang pengerasannya lambat sehingga dapat dibiarkan dengan aman selama kurang lebih 14 hari. Untuk menghindari cat terkelupas, segera cabut painter tape terbaik atau tunggu setidaknya semalaman hingga cat benar-benar kering. Waspadai cat yang terasa kering saat disentuh tetapi belum mengeras dan merekat sepenuhnya ke dinding. Ini mungkin lepas bersama dengan painter tape. Lepaskan painter tape pada sudut sekitar 45 derajat ke permukaan yang dicat, seperti yang ditunjukkan, untuk meminimalkan kecenderungan cat terkelupas. Meskipun menunggu semalaman dan menggunakan teknik yang baik, Anda melihat cat masih terkelupas dengan painter tape, gunakan ujung pisau dempul atau pisau serbaguna untuk memotong segel antara dinding dan selotip sebelum Anda melepaskan lakban.

Lihat Juga: Lakban Bening